Contact Us   |       Visa Info   |   Site Map

Gedung KBRI Islamabad

ASEAN COMMUNTY IN A GLOBAL COMMUNITY OF NATIONS


Pemaparan Presentasi dan Pidato oleh pelajar dan Mahasiswa Indonesia Warnai peringatan HARDIKNAS 2010 Di KBRI Islamabad | Print |

Pada Hari Minggu, Tanggal 2 Mei 2010, tepat pukul 10.00 waktu setempat, bertempat di halaman depan KBRI, Islamabad, telah dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2010 dengan tema : “Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa” .

Upacara berlangsung khidmat, tertib dan sederhana dengan bertindak selaku Pembina Upacara, Duta Besar RI untuk Pakistan Bapak Ishak Latuconsina, M.Sc dan dihadiri oleh seluruh staf KBRI Islamabad, anggota Organisasi Dharma Wanita Persatuan KBRI Islamabad, pelajar dan mahasiswa,serta masyarakat Indonesia di Islamabad dan sekitarnya

 


Dalam upacara bendera tersebut Duta Besar RI membacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional RI yang antara lain mengatakan bahwa, tanggal 2 Mei merupakan hari yang mempunyai makna bagi seluruh pemangku kepentingan pendidikan, baik itu juga peserta didik mulai dari SD sampai tingkat perguruan tinggi, karena HARDIKNAS diperingati untuk mengenang Jasa Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara dan seluruh pejuang pendidikan yang patut kita kenang dan hargai. Saya ingin menyampaikan apa yang pernah Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sampaikan tentang pentingnya pendidikan karakter. Beliau menyatakan, bahwa, pembangunan watak (Character building) adalah amat penting. Kita ingin membangun manusia Indonesia yang berakhlak, berbudi pekerti, dan berperilaku baik. Bangsa kita ingin pula memiliki peradaban yang unggul dan mulia. Peradaban demikian dapat kita capai apabila masyarakat kita juga merupakan masyarakat yang baik (good society). Dan, masyarakat idaman seperti ini dapat kita wujudkan manakala manusia-manusia Indonesia adalah manusia yang berakhlak dan berwatak baik, manusia yang bermoral dan beretika baik, serta manusia yang bertutur dan berprilaku baik pula. Di harapkan bahwa dunia pendidikan sebagai motor penggerak untuk memfasilitasi pembangunan karakter, sehingga anggota masyarakat mempunyai kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis dan demokrasi dengan tetap memperhatikan sendi-sendi Negara kesatuan RI (NKRI) dan norma-norma sosial di masyarakat yang telah menjadi kesepakatan bersama.

 


Setelah Upacara Bendera dilanjutkan dengan acara ramah tamah yang diisi dengan peragaan penyampaian pidato wakil pelajar putri Indonesia dan presentasi masalah leadership oleh wakil  mahasiswa Indonesia di Aula Budaya Nusantara KBRI Islamabad. Peragaan Pidato disampaikan oleh Sdri. Asma binti Mujahid seorang pelajar putri Indonesia yang mewakili Indonesia pada acara simulasi konferensi Internasional dengan tema “Conference on Urbanization Challenge for Public Health” dalam rangka hari kesehatan dunia yang diselenggarakan oleh WHO dan Hamdard Foundation pada tanggal 6 april 2010 di Beach Luxury Hotel Karachi yang diikuti oleh para peserta dari para siswa siswi berumur maksimal 18 tahun dari sejumlah sekolah yang ada di Pakistan dan beberapa perwakilan dari beberapa Negara termasuk Indonesia, Saudi Arabia, Srilangka dan Jepang.

Dalam pidatonya Sdri. Asma Binti Mujahid menekankan tentang pentingnya meningkatkan mutu kesehatan masyarakat kota yang penuh tantangan yang tidak hanya merupakan tugas pemerintah tetapi juga tugas seluruh elemen masyarakat baik secara individu maupun secara kolektif disemua tingkatan. Sehubungan hal ini Asma juga mengulas beberapa hal penting tentang upaya Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas kesehatan, baik melalui “program” penghijauan yang dicanangkan oleh Presiden RI, Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, “One Man One Tree”  maupun berbagai bentuk program kerja nyata Pemerintah RI dalam menghadapi tantangan pemanasan global  yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan masyarakat.

Acara selanjutnya yaitu presentasi tentang masalah leadership yang di paparkan oleh dua orang  mahasiswa Indonesia dari Internasiinal Islamic University (IIU),Islamabad, yaitu Sdr. Firman Arifandi dan Sdr. Rizky Heqia Sampurna, yang berpartisipasi pada seminar Internasional kepemimpinan 3rd Creative Leaders Conference on Regional Cooperation yang diselenggarakan oleh Excellence Consultants Institute (ECI) bekerja sama dengan Adenauer Stiftung pada tanggal 23 s/d25 April 2010 di Dream Hotel Islamabad. Sesi Presentasi disampaikan dalam dua tahap, dimana tahap pertama  presentasi di paparkan oleh Sdr. Firman yang menyampaikan beberapa hal dari tujuan acara seminar kepemimpinan diantaranya adalah : membangun pribadi  pemimpin yang profesional; memunculkan kreativitas terpendam ; motivasi hidup ; mengembangkan kepercayaan diri & keberanian; pembentukan jiwa kreatif, inovatif sebagai karakter seorang pemimpin; membangkitkan rasa peduli, persatuan, dan kepemilikan antar tim; dan membentuk peta hidup, visi dan strategi seorang pemimpin.

Tahap kedua presentasi dipaparkan oleh Sdr. Rizky Heqia Sampurna yang memaparkan materi seminar antara lain yaitu dari definisi leadership, creative leaders, Leaders Qualities, Type of Leaders  dan how to be a creative leaders, pada akhir paparan disimpulkan bahwa keikutsertaan mereka dalam seminar tersebut akan menambah kecintaan terhadap bangsa dan tanah air Indonesia,  menambah kepercayaan diri, sebagai generasi muda; menumbuhkan rasa optimisme akan masa depan yang cerah untuk kehidupan, pribadi, masyarakat, bangsa dan negara.

 

 

Di akhir acara penyaji Pidato dan Presentasi oleh pelajar/mahasiswa Indonesia di Pakistan, Duta Besar RI menyampaikan apresiasinya dan mengucapkan terima kasih kepada pelajar / mahasiswa tersebut yang telah berhasil mewakili Indonesia dalam kegiatan internasional yang mereka ikuti di Pakistan. Hal tersebut sesuai dengan tema peringatan Hari Pendidikan Nasional 2010 yaitu “Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa”. Sebagai Duta Bangsa, para mahasiswa dan pelajar tersebut telah melakukan tugas dengan baik dengan ikut berperan aktif dalam pengembangan citra Indonesia di Pakistan [.]

 

 

Tips

Belajar di Luar Negeri
Tips dan Informasi Pendidikan Di Luar Negri
Potensi Ekonomi Luar Negeri
Informasi dan Potensi Ekonomi Negara - Negara di Luar Negri
Tips Perjalanan dan Menetap
Informasi Tips perjalanan dan menetap di Luar Negri
Informasi Umum
Pelayanan Paspor RI

 

Download Form
Indonesian Consulate General



The Consulate General of the Republic of Indonesia,


 

 

 

Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
Syarat dan Ketentuan